Jumat, 19 April 2013

TUGAS UJIAN AHIR MATERI METODOLOGI




1.      Berikan pendapat saudara tentang pengertian penelitian, metodologi penelitian, dan apa pentingnya penelitian bagi kehidupan manusia  dan bagi organisasi usaha ?
Jawab : Menurut saya, penelitian adalah suatu kegiatan dimana kita akan  menentukan sesuatu hal yang baru yang akan kita cari tahu, Sedangkan pengertian metodologi penelitian adalah cara atau prosedur tentang penulisan hasil yang telah kita teliti, beserta aturan-aturan yang ada . Penelitian sangat penting bagi kehidupan manusia, karena akan menambah banyak wawasan atau pengetahuaan kita terhadap apa yang telah kita teliti, Sedangkan bagi organisasi usaha penelitian sangat penting karena ketika kita akan membuat sebuah usaha kita banyak belajar dari hasil-hasil penelitian yang telah kita teliti untuk memajukan lagi suatu bidang yang kita akan bangun.


2.      Penelitian biasanya diawali dengan adanya masalah, permasalahan, dan fenomena. Bagaimana pandangan anda tentang hal tersebut ?
Jawab : Menurut saya, masalah, permasalahan dan fenomena itu adalah bagian yang sangat penting ketika kita akan meneliti, karena dari ke tiga hal tersebut merupakan acuan untuk menyelesaikan permasalahan atau fenomena .


3.      Jelaskan pengertian dan pentingnya perumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian ?
Jawab : Perumusan masalah adalah suatu hal utama dalam penelitian, karena tanpa adanya perumusan masalah, penelitian tidak akan mendaptakan hasil, sebagai pedoman penentu dari suatu penelitian. Suatu perumusan masalah adalah adanya perumusan masalah penelitian, maka peneliti merasa di mudahkan dalam menentukan siapa yang akan menjadi populasi dan sampel penelitian.
Tujuan penelitian adalah suatu tujuan dimana kita akan meneliti sebuah permasalahan        yang akan kita selesaikan untuk mendapatkan hasil dari objek yang telah kita telkiti.
Manfaat penelitian adalah


4.    Apa pendapat saudara mengenai kerangka teori dan bagaimana dapat menyusun kerangka teori yang baik ?
Jawab : Menurut saya, kerangka teori adalah kumpulan dari pertanyaan-pertanyaan teori yang dipadukan menjadi satu kesatuan sebagai landasan penelitian yang akan dilakukan. Menyusun kerangka yang baik adalah penyusuna kerangka itu secara sistematis.



 5.      Populasi dan sampel dalam penelitian merupakan hal yang sangat penting. Bagaimana pendapat kedua hal tersebut dan bagaimana teknik pengambilan sampel ?
Jawab : Populasi adalah seluruh unit yang akan diobservasi, sedangkan sampel adalah bagian dari populasi, Ada beberapa teknik pengambilan sampel, Pertama dengan Probability Sampling adalah teknik sampling (mengambil secara acak) yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi sampel. Dan yang kedua adalah teknik Non Probability Sampling adalah teknik sampling yang memberi peluang atau kesempatan tidak sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Pemilihan elemen-elemen sampel didasarkan pada kebijaksanaan penaliti sendiri. Pada prosedur ini, masing-masing elemen tidak diketahui apakah berkesempatan menjadi elamen-elemen sampel atau tidak.



6.      Berikan pendapat saudara tentang pengumpulan data tentang interview dan dengan kuisoner. Apa kelebihan dan kelemahan dari kedua cara pengumpulan data tersebut ?
Jawab : Menurut saya, wawancara atau interview keuntungannya, mendapatkan data yang di butuhkan cepat kita dapatkan dan respon bisa terlihat langsung, jelas dan lebih fleksibel sedangkan untuk kelemahanya, setiap jawabannya kurang terjamin dan baiaya yang di keluarkan relative mahal.
Dan untuk kuisioner keuntunganya, pertanyaan di jawab sampai tuntas dan untuk pengolahan data lebih mudah. sedangkan untuk kelemahannya, tidak ada timbal balik lagi .


7.      Prof. Dr. Sugiono, MSc. Penelitian di bagi menjadi penelitian kwantitatif, penelitian kwalitatif, dan penelitian pengembangan. Bagaimana pendapat saudara tentang hal tersebut ?
Jawab : Menurut saya,  dari ketiga penelitian di atas mempunyai perana penting dari setiap penelitian yang saling berhubungan, seperti penelitian kwantitatif penelitian yang biasanya membahas tentang pengaruh, hubungan dan peranan, penelitian kwalitatif adalah penelitian yang berteori kuat dan untuk penelitian pengembangan penelitian yang mengambil data yang sudah ada kemuadian di kembangkan.

0 komentar:

Posting Komentar